Melaksanakan penelitian pendidikan tidak hanya fokus pada bagaimana menempuh langkah-langkah penelitian guna menyelesaikan proses penelitian, tetapi juga merancang dan menulis hasil penelitian berdasarkan kaidah salah satu diantara; penelitian kuantitatif dan kualitatif. Dengan memahami secara mendalam masalah dan tujuan penelitian, akan membantu peneliti dalam menentukan apakah penelitiannya merupakan penelitian kuantitatif, kualitatif, atau bahkan keduanya (campuran).
Berbeda dengan penelitian kualitatif yang biasanya berkaitan dengan pengujian hubungan antar variabel, perbandingan antar kelompok/perlakuan, data numerik, dan analisis data secara statistik, penelitian kualitatif dilaksanakan untuk mengeksplorasi suatu masalah dan memahami secara mendalam suatu fenomena tertentu.
Dengan memahami perbedaan pokok antara penelitian kuantitatif dan kualitatif yang dikemukakan oleh Creswell (2012) berikut akan sangat membantu.
1. Dalam penelitian kuantitatif, peneliti menentukan partisipan dan tempat penelitian melalui random sampling; sedangkan dalam penelitian kualitatif, peneliti menentukan partisipan dan tempat menggunakan purposeful sampling (memilih orang dan tempat dengan kriteria dan tujuan tertentu guna memperoleh partisipan yang dapat membantu memahami fenomena yang dikaji).
2. Baik dalam penelitian kuantitatif maupun kualitatif, memerlukan izin untuk melaksanakan penelitian. Akan tetapi dalam penelitian kualitatif, dituntut untuk memiliki akses yang lebih intens di tempat penelitian karena benar-benar akan membaur dengan partisipan untuk mengobservasi, mewawancara, dan mengulik kisah mereka.
3. Masing-masing dari penelitian kuantitatif dan kualitatif melakukan wawancara, observasi, dan dokumentasi dalam mengumpulkan data. Akan tetapi, dalam penelitian kuantitatif peneliti cenderung mengumpulkan data yang close-ended, tidak seperti data penelitian kualitatif yang open-ended karena dipengaruhi sudut pandang partisipan.
4. Dalam penelitian kuantitatif, masih memungkinkan jika peneliti menggunakan instrumen dari orang lain. Sedangkan dalam penelitian kualitatif, peneliti akan lebih terbantu dalam mengorganisasi informasi yang akan dilaporkan apabila mendesain seluruh perangkat dan instrument yang akan digunakan secara mandiri.
5. Menggali permasalahan yang sensitif dan etnis, bertemu partisipan secara intensif melalui tatap muka, kadangkala datang secara lansung di tempat tinggal atau tempat kerja partisipan, merupakan pengalaman-pengalaman yang akan dirasakan ketika melaksanakan penelitian kualitatif, tetapi tidak pada penelitian kuantitatif. Hal ini menjadi tantangan tersendiri bagi peneliti.
Pada intinya, baik penelitian kuantitatif dan kualitatif dapat memberikan perolehan hasil yang tepat apabila dipilih dan dilaksanakan menurut prosedur yang benar. Peneliti perlu untuk memahami aturan, karakteristik, prinsip, dan langkah-langkah dalam melaksanakan penelitian, dalam hal ini penelitian kualitatif. Yang saat ini banyak diketahui dan dikenal, terdapat lima pendekatan dalam penelitian kulitatif yang masing-masing akan dijelaskan secara lebih detail pada postingan-postingan berikutnya.
Daftar Pustaka
Creswell, John W. 2012. Educational Research: Planning, Conducting, and Evaluating Quantitative and Qualitative Research. 4th. Boston: Pearson Education, Inc.
Comments
Post a Comment