Skip to main content

Penelitian Kualitatif dan Perbedaannya dengan Penelitian Kuantitatif

Melaksanakan penelitian pendidikan tidak hanya fokus pada bagaimana menempuh langkah-langkah penelitian guna menyelesaikan proses penelitian, tetapi juga merancang dan menulis hasil penelitian berdasarkan kaidah salah satu diantara; penelitian kuantitatif dan kualitatif. Dengan memahami secara mendalam masalah dan tujuan penelitian, akan membantu peneliti dalam menentukan apakah penelitiannya merupakan penelitian kuantitatif, kualitatif, atau bahkan keduanya (campuran).
Berbeda dengan penelitian kualitatif yang biasanya berkaitan dengan pengujian hubungan antar variabel, perbandingan antar kelompok/perlakuan, data numerik, dan analisis data secara statistik, penelitian kualitatif dilaksanakan untuk mengeksplorasi suatu masalah dan memahami secara mendalam suatu fenomena tertentu.

Dengan memahami perbedaan pokok antara penelitian kuantitatif dan kualitatif yang dikemukakan oleh Creswell (2012) berikut akan sangat membantu.
1.   Dalam penelitian kuantitatif, peneliti menentukan partisipan dan tempat penelitian melalui random sampling; sedangkan dalam penelitian kualitatif, peneliti menentukan partisipan dan tempat menggunakan purposeful sampling (memilih orang dan tempat dengan kriteria dan tujuan tertentu guna memperoleh partisipan yang dapat membantu memahami fenomena yang dikaji).
2.    Baik dalam penelitian kuantitatif maupun kualitatif, memerlukan izin untuk melaksanakan penelitian. Akan tetapi dalam penelitian kualitatif, dituntut untuk memiliki akses yang lebih intens di tempat penelitian karena benar-benar akan membaur dengan partisipan untuk mengobservasi, mewawancara, dan mengulik kisah mereka.
3.  Masing-masing dari penelitian kuantitatif dan kualitatif melakukan wawancara, observasi, dan dokumentasi dalam mengumpulkan data. Akan tetapi, dalam penelitian kuantitatif peneliti cenderung mengumpulkan data yang close-ended, tidak seperti data penelitian kualitatif yang open-ended karena dipengaruhi sudut pandang partisipan.
4.    Dalam penelitian kuantitatif, masih memungkinkan jika peneliti menggunakan instrumen dari orang lain. Sedangkan dalam penelitian kualitatif, peneliti akan lebih terbantu dalam mengorganisasi informasi yang akan dilaporkan apabila mendesain seluruh perangkat dan instrument yang akan digunakan secara mandiri.
5.    Menggali permasalahan yang sensitif dan etnis, bertemu partisipan secara intensif melalui tatap muka, kadangkala datang secara lansung di tempat tinggal atau tempat kerja partisipan, merupakan pengalaman-pengalaman yang akan dirasakan ketika melaksanakan penelitian kualitatif, tetapi tidak pada penelitian kuantitatif. Hal ini menjadi tantangan tersendiri bagi peneliti.
Pada intinya, baik penelitian kuantitatif dan kualitatif dapat memberikan perolehan hasil yang tepat apabila dipilih dan dilaksanakan menurut prosedur yang benar. Peneliti perlu untuk memahami aturan, karakteristik, prinsip, dan langkah-langkah dalam melaksanakan penelitian, dalam hal ini penelitian kualitatif. Yang saat ini banyak diketahui dan dikenal, terdapat lima pendekatan dalam penelitian kulitatif yang masing-masing akan dijelaskan secara lebih detail pada postingan-postingan berikutnya.

Daftar Pustaka
Creswell, John W. 2012. Educational Research: Planning, Conducting, and Evaluating Quantitative and Qualitative Research. 4th. Boston: Pearson Education, Inc.



Comments

Popular posts from this blog

[ Penelitian Kualitatif ] : Naratif

Setiap manusia hidup membawa cerita. Lewat interaksi sosial dan kesempatan bertemu dengan individu lain, manusia saling berbagi dan menghidupkan cerita, baik yang mereka alami sendiri atau pun dari pengalaman orang lain. Soal sekolah, isu pendidikan, kondisi ekonomi, dan lain sebagaimanya,  menjadi persoalan yang kerap diperbincangkan dan menggariskan pengalaman tersendiri pada setiap individu. Bagi seorang peneliti, cerita-cerita demikian bisa menjadi harta karun yang berharga untuk diselami. Secara tak langsung, cerita yang peneliti tuliskan dalam bentuk narasi kualitatif tersebut dapat bermanfaat bagi khalayak umum untuk mengambil kebijakan atau keputusan. Definisi Sesuai asal katanya, narrate yang berarti menceritakan, penelitian kualitatif dengan pendekatan naratif menyajikan sebuah cerita tentang individu secara detail. Cara peneliti dalam merinci setiap cerita yang ada diibaratkan oleh Kurnia (2007) seperti “seseorang yang berjalan perlahan mengitari sebuah patung, ba...

[ Penelitian Kualitaif ] : Etnografi

Etnografi berasal dari kata ‘ etnos’ yang berarti ‘orang’, ‘kelompok budaya’, atau ‘budaya’. Menurut Raco (2010) , etnografi bertujuan untuk mencari pemahaman tentang suatu budaya. Peneliti yang ingin memahami budaya suatu kelompok masyarakat harus meluangkan waktu yang cukup, tinggal bersama masyarakat tersebut. Makna suatu budaya hanya dapat dipahami dengan berada dalam komunitas tersebut. Hal tersebut dilakukan menurut asumsi bahwa manusia yang tinggal bersama dalam kurun waktu yang agak lama akan membentuk budaya. Peneliti yang menggunakan pendekatan etnografi melakukan wawancara dengan seseorang yang paling paham soal budaya yang akan diteliti, atau biasa disebut key informant (Qualitative Research Design n.d.) . Data dapat dikumpulkan melalui observasi dan wawancara. Sebagaimana studi fenomenologi, peneliti menggunakan pendekatan etnografi harus menyingkirkan asumsi/keyakinan/pengalaman pribadi dan mencoba untuk memahami perilaku sehari-hari individu/sekelompok individu se...

[ Penelitian Kualitatif ] : Penelitian Tindakan Kelas

Saat ini, perbaikan kualitas dan pengembangan praktik di bidang pendidikan menjadi fokus perhatian di berbagai negara, termasuk Indonesia. Kurikulum dan regulasi terus dikaji dan diperbaiki guna mewujudkan cita-cita/tujuan pendidikan secara evektif dan efisien. Banyak upaya yang telah dilakukan seperti mengimplementasikan kurikulum yang berusaha memenuhi tuntutan kemajuan di masa depan, meningkatkan profesionalisme guru, dan merancang pembelajaran dengan iklim yang kreatif dan inovatif. Salah satu upaya yang tidak ketinggalan untuk diimplementasikan adalah pemanfaatan hasil-hasil penelitian untuk pengampilan kebijakan pendidikan, serta yang lebih mikro adalah untuk perbaikan pembelajaran. Hal ini dikemukakan oleh Dantes (2012) , yang kemudian mengenalkan pendekatan RDD ( Research à Development à Dissemination ) yang biasa digunakan dalam penelitian untuk kepentingan pendidikan. Akan tetapi, selanjutnya Dantes memberikan penyadaran bahwa penelitian tidak begitu saja dapat secara l...